Wednesday, January 6, 2010

Virus komputer


Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Itu lah yang di kutip dari Wikipedia.
Nah, gimana caranya supaya komputer kita bebas dari virus ?

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Itu juga yang di kutip dari Wikipedia.

Cara supaya komputer kita enggak diserang Virus dengan cara menggunakan anti virus.
Rata-rata antivirus yang bisa ngescan banyak virus itu di jual dan tidak diberikan secara gratis. Contoh antivirus yang dapat di beli yaitu, Kaspersky, Nod32, Avira (Versi Pro), Smadav (Versi Pro), Dan lain-lain.

Ada juga antivirus yang bisa didapetin gratis, atau istilah lainnya "Free". Contoh dari antivirusnya adalah Avira Free Edition, Smadav, Ansav, PCMAV, Dan Lain-lain.

Kalau udah beli/downlad antivirusnya tinggal di install. sekarang Komputer kalian udah bebas dari virus. tapi gak semua antivirus bisa ngeprotect komputer 100%, jadi untuk jaga-jaga Scan juga komputer pake program tambahan semacam "Norman Malware Cleaer", Dan program scanner lainnya.


Thanks, KidsshadoW.
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl